Haiiii, kembali lagi nih…
Berikut akan di sempaikan beberapa fitur pengoperasian Microsoft Word, simak baik-baik ya, kalau ada kesalahan mohon koreksi, kita sama-sama belajar.
Let’s Go!!!

1.Membuat Surat Masal (mail merge)

Buka Microsoft Word
aaaaaaaa
pilih menu Mailings
aaaaaaaa
kemudian pilih Start Mail Mergeaaaaaaaa
akan muncul tampilan sebagaimana disamping
lalu pilih Step by Step Mail Merge Wizard…

maka akan muncul suatu tampilan untuk pengoperasian mail merge pada samping kanan lembar kerja

aaaaaaaa

selanjutnya ada 6 step

step 1 –> Next: Starting document
aaaaaaaa.png
step 2 –> Next: Select recipients
aaaaaaaa

 

aaaaaaaastep 3 –> pilih Type a new list, kemudian create…
aaaaaaaa
pilih Customize Columns…
aaaaaaaa

Lalu Rename beberapa kolom sesuai dengan yang dibuat diawal , seperti
Nama   :
Alamat:
Perihal :

selanjutnya isi sesuai dengan tujuan undangan yang diinginkan untuk dibagikan
aaaaaaaa
pilih ok

 

2.Membagi halaman menjadi beberapa section

Fitur ini berguna untuk mengatur halaman pada makalah dan atau skripsi, Anda tidak perlu memisah-misahkan dokumen yang berbeda format nomor halamannya. Berikut tutorialnya:

Siapkan dokumen yang akan dibagi sectionnya. Pada halaman terakhir yang ingin dibedakan format penulisan nomor halamannya, lakukan langkah berikut:48Klik ribbon Page layout >> breaks >> next page.
Kemudian atur halaman pada Insert >> Page number untuk masing-masing section

 

3.Membuat daftar isi secara otomatis

Pertama, kamu harus sudah memiliki file yang sudah berisi tulisan yang judul-judulnya sudah diberi style Heading 1 untuk title dan Heading 2 untuk subtitle.491

Kemudian klik ribbon References >> Table of Contents, kemudian pilih template yang diinginkan.492

 

4. Equation editor

Kamu anak matematika? Atau fisika? Kamu masih nulis rumus pake tangan trus bagian rumusnya dikosongkan jadi setelah diprint baru di tulis? Atau searching di gugel rumusnya, trus tinggal di insert picture? Genius. Ini cara nulis rumus di Ms. Word.

Pergilah ke ribbon Insert >> Equation >> New Equation.493

494

 

5. Autotext table

Kamu sering banget nulis pake Ms. Word dan mengharuskan menuliskan sesuatu yang berulang-ulang, misalnya alamat atau definisi? Autotext ada di sini untuk membantumu.

Untuk membuat autotext, kamu sudah harus memiliki teks yang akan kamu pakai.a1
Blok teks yang akan kamu jadikan autotext, kemudian pergilah ke insert >> quick parts >> save selection to quick part gallery.a2
Isikan nama dan deskripsi (jika perlu) mengenai autotext yang akan dibuat.a3

 

Advertisements